Polyolester Oil

Jenis Oli polyolester (POE Oil/Polyolester oil) adalah sejenis Oli sintetis yang digunakan dalam kompresor pendingin yang kompatibel dengan refrigeran R-134a, R-410A dan R-12. Dianjurkan oleh para ahli sebagai pengganti oli kompresor pada hidrofluorokarbon (HFC). Seiring dengan penggunaan jenis Oli mineral yang digunakan pada R-134a dianjurkan sebagai pengganti Oli jenis mineral pada R12 karena R134a tidak dapat bercampur dengan baik dengan jenis oli mineral. Oli bebas lilin ini disarankan untuk digunakan dengan sistem HFC bebas klorin karena memberikan pelumasan dan stabilitas lebih baik dan lebih mudah larut dengan refrigeran jenis HFC. Jenis oli tersebut dapat memenuhi persyaratan pelumasan dengan Oli mineral yang digunakan dalam sistem yang menggunakan refrigeran CFC dan HFC serta kompatibel dengan kebanyakan pelumas yang ada di pasaran. Perlu dicatat bahwa tingkat kekentalan Oli meningkat seiring dengan peningkatan suhu saat kompresor beroperasi. Hal ini juga menjadi subyek banyak penelitian dalam penggunaan oli dalam sistem refrigersi

 

Penggunaan:

Penggunaan jenis Oli POE ini sedang dilaksanakan secara bertahap oleh produsen yang menggunakan kompresor dalam produk mereka. Kebutuhan dalam pembatasan penggunaan Oli jenis sebelumnya karena ada pembatasan/larangan penggunaan dalam menjaga lingkungan hidup. Oli POE adalah pelarut yang sangat baik dan mudah melarutkan sebagian besar residu dari Oli mineral. Jadi meskipun masih tersisa sedikit oli jenis sebelumnya dalam sistem, penggunaan oli jenis POE ini tidak akan mengakibatklan penyumbatan/buntu pada sistem pendingin.
Masalah:

Namun, sifat yang membuatnya menjadi pelarut yang baik, Oli ini juga menjadikannya pelarut yang baik dari hal-hal yang tertinggal selama pembuatan unit. Beberapa diantaranya adalah: debu, kotoran, residu dari pematerian, potongan kecil logam dari pemotongan, dan logam teroksidasi dari tabung. Residu yang terkumpul bisa menyumbat saringan sistem dan menyebabkan keausan atau kerusakan pada komponen penting seperti baling-baling atau katup. Aspek ini membuat lebih penting untuk memeriksa komponen yang dimodelkan dengan benar, dilepas, dan dibersihkan. Masalah lain dengan Oli ini adalah bahwa mereka bersifat higroskopik, yang berarti mereka dapat menyerap kelembaban dari atmosfer. Sehingga, teknisi yang menggunakan jenis oli ini sebaiknya bekerja dalam ruangan terbuka.

 

Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Polyolester

Referensi:

Advertisements