Apa Itu Kompresor dalam sistem refrigerasi?

Saat ini banyak yang menggunakan AC, freezer dan mesin pendingin lainnya. Salah satu alat kelengkapan dari mesin tersebut yaitu wajib adanya kompresor. Kompresor AC / pendingin adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyalurkan gas refrigeran ke seluruh sistem. Jika dianalogikan, cara kerja kompresor AC layaknya seperti jantung di tubuh manusia. Kompresor memiliki 2 pipa, yaitu pipa hisap dan pipa tekan. Selain itu, kompresor juga memiliki 2 daerah tekanan, yaitu tekanan rendah dan tekanan tinggi. Pada pasar global, kompresor diproduksi oleh beberapa perusahaan diantaranya yaitu Bitzer, Copeland, Danfoss, Tecumseh dan lain sebagainya. Indonesia pun sudah dimasuki pasar kompresornya oleh beberapa pabrikan dunia tersebut.

tecumsech-aw-series-243x300.jpg

Jenis Kompresor AC / Pendingin yang Umum Dipakai Berdasarkan Sistem Prinsip Kerjanya

Dibawah ini beberapa jenis kompresor AC yang umum dipakai, yaitu :

Kompresor Torak ( Reciproacting)

Merupakan kompresor ac / pendingin yang menggunakan sistem torak yang bekerja dengan gaya maju mundur.

Kompresor Sentrifugal

Merupakan kompresor AC / pendingin yang menggunakan gaya sentrifugal untuk memampatkan fluida, biasanya menggunakan freon tekanan rendah seperti r123.

Kompresor Rotary

Merupakan kompresor pendingin yang banyak digunakan untuk kompresor kecil dengan sistem memutar sehingga memaksa fluida bergerak dan dimanfaatkan pada sisi yang yang lain.

Kompresor Scroll

Kompresor jenis scroll ini juga sering disebut dengan kompresor spiral. Kompresor scroll merupakan alat yang digunakan untuk memompa refrigerant. Prinsip kerjanya yaitu menggunakan sistem kerja 2 buah spiral, dimana 1 spiral tidak bergerak dan spiral yang lain bisa bergerak, sehingga akan menciptakan bertekanan diantaranya.

Tipe Kompresor AC Berdasarkan Hubungan antara Motor Penggerak dan Kompresor

Selain dibedakan berdasarkan sistem prinsip kerjanya, kompresor juga dibagi menjadi beberapa tipe berdasarkan hubungan antara motor penggerak dan kompresor tersebut. Beberapa tipe kompresor tersebut, diantaranya yaitu :

kompresor hermetik / sistem tertutup

contoh seperti kompresor tecumseh, kompresor hiberia, kompresor panasonic matsushita,  kompresor britol kompresor cope land , kompresor kultom kyrbi kompresor danfoss maneurop.

kompresor semi hermetik  / sistem setengah tertutup

contoh seperti kompresor bitzer  kompresor copeland.

kompresor open type / sistem terbuka

contoh seperti kompresor bitzer.

Image result for tipe kompresor
Sumber: http://polarin.co.id/jenis-dan-tipe-kompresor-ac-pendingin/
Advertisements