pipa_kapiler

Tabel Ukuran Penggunaan Pipa Kapiler / Capillary Tube Dalam Sistem Pendingin

Pipa kapiler merupakan komponen utama AC yang berfungsi menurunkan tekanan refrigran dan mengalirkan refrigran menuju evaporator. Pada pipa kapiler, refrigan yang mengalir adalah dalam bentuk cair, sehingga tidak jarang akan mengaluarkan bunyi seperti aliran air pada saat  beroperasi. Ukuran pipa  kapiler dapat diganti apabila dibutuhkan tetapi harus berpatokan pada hubungan penggantian diameter dalam dan panjang pipa kapiler.Fungsi pipa kapiler sangat vital karena menghubungkan dua bagian tekanan yang berbeda, yaitu tekanan tinggi dan tekanan rendah. Refrigran bertekanan tinggi sebelum melewati pipa kapiler akan diubah atau diturunkan tekanannya. Akibat dari penurunan tekanan refrigran menyebabkan terjadinya penurunan suhu pada fase liquid. Pada bagian inilah refrigran mencapai suhu terendah (terdingin). Pipa kapiler terletak diantara saringan (filter) dan evaporator. Ketika mengganti atau memasang pipa kapiler baru, hindari kondisi tertekuk tajam karena bisa menyebabkan penyumbatan. Penggantian pipa kapiler harus disesuaiakan dengan diameter dan panjang pipa sebelumnya.

Pipa kapiler terdiri dari berbagai macam ukuran. Yang diukur bagian diameter dalam (inside diameter/ID) dari pipa, lain halnya dengan pipa tembaga yang diukur adalah diameter luar (Outside diameter/OD).  Pipa kapiler tidak boleh dibengkok terlalu tajam, karena dapat menyebabkan tersumbatnya lubang pipa. Pipa kapiler menghubungkan saringan (filter dryer) dan evaporator, merupakan batas antara sisi tekanan tinggi dan tekanan rendah dari system. Pada bagian tengahnya sepanjang mungkin dilekatkan dengan saluran hisap dan disolder. Bagian yang disolder ini dinamakan Penukar Kalor (heat Exchanger).

daftar_pake_pkapiler

Daftar penggunaan pipa kapiler berdasar suhu dan jenis refrigeran

Semua ukuran ID (Inside Diameter) x panjang pipa kapiler di atas, hanya dipakai sebagai perkiraan saja, apabila kita tidak mengetahui ukuran dan panjang pipa kapiler yang harus dipakai. Pada pelaksanaannya dapat diadakan perubahan, untuk disesuaikan dengan keperluannya.

Panjang dan ID dari setiap pipa kapiler di atas dapat diubah dan disesuaikan dengan ID pipa kapiler yang telah kita miliki, dengan memakai Daftar Perbandingan Panjang Pipa Kapiler berikut:
perbandingan_pkapilerDaftar Perbandingan Panjang Pipa Kapiler

Cara pembacaan tabel di atas sebagai berikut:
  1. Letakan ukuran ID (inside Diameter) pipa kapiler yang telah dikatahui pada lajur paling kiri
  2. Tarik garis mendatar ke kanan sampai memotong lajur ukuran ID pipa kapiler di atas yang hendak kita pakai. Kita mendapatkan factor pengali. Pilihlah beberapa faktor pengali yang berada dalam kurung.
  3. Kalikan panjang pipa kapiler baru yang diketahui dengan factor yang diperoleh pada langkah 2. Untuk lemari es pilihlah lemari es dengan panjang minimum 1,5 meter dan maksimum 4,5 meter.
  4. Hasilnya kita mendapatkan pipa kapiler dengan ID yang baru dan panjang yang tertentu, dengan tahanan dan sifat yang sama dengan pipa kapiler sebelumnya.

Selamat mencoba dan semoga berhasil…

Knowledge is free

Advertisements