Bahaya listrik dapat berupa:

  1. Tersentuh kejutan listrik , yang berupa sentuhan langsung dan tak langsung.
    1. Sentuhan langsung adalah persinggungan bagian tubuh manusia dengan bagian aktif perlengkapan atau instalasi listrik yang dalam keadaan normal bertegangan, seperti penghantar terbuka / telanjang, busbar yang terbuka dan lain sebagainya
    2. Sentuhan tidak langsung ialah persinggungan tubuh manusia dengan bagian konduktif terbuka perlengkapan atau instalasi / listrik yang bertegangan akibat kegagalan isolasi
  1. Terbakar karena dialiri arus listrik
  2. Terjatuh karena kejutan listrik.

 

Usaha pencegahan terhadap bahaya listrik antara lain :

  1. Melakukan perbaikan instalasi listrik dalam keadaan tidak bertegangan.
  2. Setiap bagian yang aktif harus dilindungi atau diisolasi atau gunakan peralatan kerja yang berisolasi.
  3. Dilarang menggunakan penghantar yang isolasinya sudah mengelupas.
  4. Semua bagian konduktif terbuka perlengkapan dan instalasi listrik serta titik netral sistim listrik disumbernya harus dibumikan.
  5. Menggunakan alat pelindung ( sarung tangan karet elektrik dan sepatu ).
  6. Memasang tanda adanya pekerjaan yang berbahaya.
  7. Bekerja pada instalasi listrik dalam keadaan sehat ( tidak mengantuk, tidak mabuk )
  8. Hindari bercanda sewaktu bekerja.
  9. Lakukan perawatan peralatan dan perkakas secara berkala ( teratur ).


Pengamanan listrik dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya,

 

  1. PEMASANGAN FUSE DAN SIRKUIT BREAKER.
  • Prinsip kerja fuse yaitu apabila arus yang memasuki sirkuit melebihi batas yag tertera maka secara otomatis kawat penghantar dalam fuse akan terputus , sehingga arus tidak mengalir. Fuse tidak bisa dipakai ulang apabila telah putus.

Bagian Fuse                                                               Tabung pengaman

Kawat penghantar

  • Prinsip kerja sirkuit breaker ( pemutus rangkaian ) yaitu apabila daya (Volt Amper) yang masuk melebihi batas toleransi secara otomatis penghantar arus akan terputus. Sirkuit breaker dapat dipakai berulang kali selama masih bisa berfungsi.

Jenis-jenis sirkuit breaker:

  • MCB / CB ( Magnetic circuit breaker / Circuit breaker )Pengaman ini dipakai sebagai Pengaman untuk kontak antara life – netral
  • ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker), jenis pengaman ini dipakai untuk mencegah kebocoran arus terhadap earth / ground.
  1. PEMAKAIAN ISOLASI YANG AMAN.

Isolator adalah Bahan yang tidak dapat menghantarkan listrik. Umumnya dipakai sebagai pemisah antar bagian aktif listrik maupun bagian aktif dengan non aktif.

Contoh : Porselin , mika, kaca , ketas, keramik, kain , karet, dan lain-lain.

Pada tegangan tinggi, dipakai isolator jenis ROL, Isolator jenis berbentuk telur terbuat dari keramik.

Isolator yang dipasang harus tidak cacat ( robek, pecah ), hal ini dimaksudkan untuk menghindari kegagalan isolasi yang bisa berakibat fatal. Pemasangannya harus tepat .

  1. PEMBUMIAN ( EARTHING )

Pembumian dimaksudkan untuk meniadakan beda potensial sehingga bila ada kebocoran tegangan maka kebocoran tersebut akan dibuang ke bumi. Hal ini untuk memberikan perlindungan kepada pekerja listrik selain untuk mengamankan peralatan.

  1. PROSEDUR PENGUNCIAN ( LOCK OUT )

Pemasangan peralatan pengunci dilakukan dalam pekerjaan listrik. Penguncian bertujuan untuk meminimalkan /menghilangkan arus yang tiba-tiba masuk.

Peralatan pengunci ( Lock out ) biasanya dipasang pada titik awal pengambilan tenaga dari stop kontak. Pada pengerjaan listrik, dipastikan bahwa semua listrik telah di matikan dan titik pengambilannya setelah diputus dikunci.

Jenis pengunci yang dipakai adalah pengunci umum yang dapat diperoleh dari katalog.

  1. PROSEDUR PENANDAAN ( TAG OUT )

Penandaan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi terhadap pekerja disekitar tentang adanya pengerjaan listrik sehingga orang akan lebih waspada dan tidak melakukan tindakan yang membayakan.

Selama ini belum ada standar resmi untuk format untuk penandaan. Namun minimal yang harus ada adalah : tanda bahaya, pekerjaan yang dilakukan, penanggung jawab , waktu pengerjaan.

Advertisements